Selasa, 29 Mei 2012

HIDUP ADALAH KETIDAKPASTIAN


Beberapa bulan yang lalu, ketika saya mengikuti sebuah pembekalan di sebuah lembaga instansi pemerintah, saya mendapatkan sebuah kalimat yang menggelitik tetapi itu adalah sebuah kenyataan dalam hidup. Waktu itu, ada seorang teman saya yang bertanya kepada seorang pembicara tentang nasib saya dan teman-teman (pekerjaan-red) di instansi tersebut. Permasalahannya adalah karena saya dan teman-teman belum ada kejelasan sama sekali, kapan kami akan benar-benar mendapatkan pekerjaan yang tetap. Dengan nada yang santai dan sedikit menggelitik, pembicara tersebut menjawab, “Bukankah hidup ini penuh ketidakpastian?”. Sebuah jawaban ‘ngeles’ yang cukup membuat kami sontak berteriak. Kami tahu bahwa pembicara tersebut sebenarnya juga tidak tahu akan kepastian itu. Tapi kalimat yang terlontar itu memang benar adanya. Dan kalimat itu jugalah yang membuat kami galau. Keluarnya kalimat itu membuat kami berpikir bahwa memang dalam waktu dekat ini, belum ada kepastian tentang nasib pekerjaan kami.

Hidup adalah ketidakpastian. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi satu jam yang akan datang. Kita juga tidak pernah tau apa yang akan terjadi pada diri kita satu hari kemudian. Hidup ini penuh rahasia. Tapi, apa yang akan terjadi pada diri kita nanti adalah hasil dari apa yang kita perbuat sekarang. Begitulah hidup akan terus berjalan. Apapun yang terjadi dalah hidup ini kita harus menjalaninya.

Sebenarnya cerita ini adalah ‘curcol’ di tengah kegalauan pada diri saya. Sekaligus sebagai penyemangat buat diri saya sendiri di tengah ketidakjelasan nasib yang terjadi pada saya. Saya belajar untuk bersyukur atas semua yang telah saya lalui dan saya dapatkan. Saya harus tahu bahwa di luar sana masih banyak orang yang nasibnya kurang beruntung daripada saya. Jadi akan memacu saya untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah saya dapatkan saat ini. Alhamdulillah.
(No. Post: C-03/CBDA.22/BLOGGER/2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar